Kapan Waktunya Untuk Ekspansi Bisnis?

kantor cabang, kiat bisnis

SERBA SERBI - Ekspansi Bisnis. Ketika bisnis yang Anda jalankan mulai berjalan dengan baik dan stabil, sebagian besar orang biasanya akan memilih untuk mendiamkannya, dengan pertimbangan jika memang sudah baik mengapa harus membuat suatu perubahan? Namun faktanya adalah, bahwa jika bisnis yang dijalankan sudah stabil, mungkin sudah waktunya bagi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda. Jadi bagaimana Anda bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk memulai program ekspansi bisnis dan apa cara terbaik untuk melakukannya?
Membangun Basis Pelanggan Anda

Ada banyak cara yang berbeda untuk memperluas bisnis yang menguntungkan tapi yang paling jelas adalah dengan membangun basis pelanggan Anda. Pertama, mencari cara untuk menjaga basis pelanggan Anda yang ada senang, mungkin dengan menawarkan produk dan layanan baru. Kedua, selalu mencari cara-cara baru yang menarik dan efisien sekaligus efektif untuk menemukan pelanggan baru.

Carilah Pelanggan Baru

Pelanggan adalah komponen penting dari bisnis. Apakah Anda menjual sparepart mesin atau jasa akuntansi, tanpa adanya pelanggan, maka bisnis Anda akan berakhir. Sebenarnya tidak ada istilah pelanggan tetap dimana mereka akan terus kembali dari waktu ke waktu, tidak peduli seberapa baik Anda memasarkan produk dan jasa Anda, akan datang suatu waktu ketika Anda harus mulai mencari pelanggan baru. 

Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis dan menarik pelanggan baru adalah dengan menjalankan bisnis sampingan yang masih terkait dengan bisnis utama. Misalnya, Anda memiliki bisnis mobil, jika Anda mulai bisnis membeli dan juga menjual mobil, basis pelanggan Anda tentu akan semakin luas dan Anda dapat memasarkan layanan Anda untuk kedua set pelanggan. Melakukan ekspansi ke sektor baru adalah cara yang bagus untuk mengembangkan bisnis dan jika Anda kemudian memutuskan untuk menjual bisnis Anda di kemudian hari, umumnya bisnis Anda akan jauh lebih menarik bagi calon pembeli.

Buka di Lokasi Baru

Cara lain untuk memperluas bisnis yang sudah sukses adalah dengan membuka kantor cabang di lokasi yang baru. Pendekatan ini memang tidak selalu efektif bagi semua bisnis, tetapi jika memang ada ruang untuk mencapai basis pelanggan baru di lokasi geografis lain, mungkin langkah untuk membuka cabang baru ini layak untuk dipertimbangkan. Salah satu pilihan yang bisa Anda coba adalah dengan membuka kantor virtual (kantor perwakilan) di lokasi baru untuk menguji kondisi pasar terlebih dahulu. Namun jika memang Anda sudah memiliki perhitungan matang mengenai lokasi baru yang Anda tuju, Anda bisa langsung membuka kantor cabang di sana.

Lakukan Riset Anda

Tidak ada dua bisnis yang benar-benar sama, jadi sebelum Anda mengambil keputusan untuk memperluas bisnis Anda, pastikan bisnis tersebut akan menguntungkan Anda. Perlu biaya yang harus Anda keluarkan ketika Anda memutuskan untuk melakukan ekspansi bisnis. Anda juga harus yakin bahwa pelanggan yang sudah ada tidak akan meninggalkan Anda ketika Anda memperluas bisnis dan mencari basis pelanggan baru.

Ada banyak keputusan yang harus dibuat sebelum memulai ekspansi bisnis, tetapi jika Anda sudah memperhitungkan kapan waktu yang tepat ekspansi dan rencana yang matang untuk setiap kemungkinan, ekspansi bisnis bisa membuat bisnis Anda jauh lebih kuat.

Semoga bermanfaat. Amin..
LihatTutupKomentar