7 Dusta Mengenai Wirausaha Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memulai Bisnis Anda Sendiri

Kebohongan bisnis

SERBA SERBI - Bisnis Kecil. Jika seseorang datang dan menanyakan pada Anda, "Apakah Anda ingin menjadi seorang Bos?" Tentu Anda akan menjawab "Ya!" Memang rata-rata orang selalu ingin menjadi seorang bos, memiliki perusahaan sendiri, memiliki kebebasan waktu, dan lain sebagainya. Satu-satunya cara untuk mendapatkan posisi tersebut adalah - tentunya - dengan menjalankan bisnis Anda sendiri. Namun apakah semudah itu untuk bisa memiliki bisnis sendiri? Faktaya adalah TIDAK. Ternyata tidak mudah untuk bisa memiliki bisnis sendiri. Meski memang banyak hal-hal menggiurkan yang bisa Anda peroleh, namun Anda juga tidak bisa begitu saja menyingkirkan hal-hal lainnya yang juga harus Anda penuhi.


Berikut ini beberapa dusta mengenai seluk beluk memulai bisnis yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mulai merintis bisnis Anda:

Kebohongan 1: Anda Tidak Perlu Menjadi Ahli di Bidang Anda
Tentu saja Anda perlu memilki keahlian menyangkut bisnis yang Anda jalankan. Jangan memulai sebuah restoran hanya karena Anda suka makan. Pastikan terlebih dahulu Anda tahu bagaimana cara menjalankan sebuah usaha makanan. Memiliki keahlian di bidang bisnis Anda adalah penting, jika tidak, maka Anda harus siap menerima konsekuensinya.

Anda dituntut untuk selalu belajar. Tidak ada orang yang bisa tahu segalanya. Jadi sangat penting bagi Anda untuk terus menginvestasikan waktu Anda untuk belajar dan belajar mengenai bisnis yang ingin Anda jalankan terlebih dahulu.

Kebohongan 2: Anda Tidak Perlu Banyak Uang Untuk Memulai Bisnis
Uang sebagai modal utama untuk memulai bisnis Anda umumnya berasal dari dana pribadi Anda. Anda memerlukan modal dasar keuangan yang kuat untuk bisa memulai suatu bisnis. Biaya besar itu relatif. Semua tergantung pada jenis bisnis yang ingin Anda jalankan, dan juga target pangsa pasar yang Anda bidik. Mungkin bisa Anda mulai dari beberapa ratus ribu, hingga jutaan rupiah. Mulailah dengan membuat anggaran biaya, baik itu biaya bisnis atau biaya pribadi untuk tahun pertama. 

Pastikan juga Anda memiliki rekening tabungan cadangan. Untuk usaha kecil setidaknya dibutuhkan rata-rata 12-18 bulan untuk mencapai BEP, dan hingga saat itu tiba, sangat dianjurkan bagi Anda untuk menyisihkan cukup uang untuk menutupi pengeluaran Anda.

Kebohongan 3: Ada Waktu Tertentu Untuk Memulai Bisnis
Faktanya adalah: kapanpun adalah waktu yang tepat! Banyak orang, terutama oarang-orang Indonesia umumnya masih percaya dengan hal-hal yang bersifat kepercayaan, terutama dalam memilih hari-hari tertentu untuk hal-hal tertentu, termasuk diantaranya memilih waktu yang tepat untuk memulai usaha. Abaikan semua itu dan lakukan saja! Karena salah satu faktor penting dalam bisnis adalah WAKTU, dan setiap waktu yang terbuang adalah sebuah kesempatan yang pergi begitu saja.

Jadi, ketika Anda bertanya kapan waktu yang tepat untuk memulai usaha, maka jawabannya adalah SEKARANG.

Kebohongan 4: Anda Harus Berhenti Bekerja Untuk Memulai Bisnis
Anda tidak perlu keluar dari pekerjaan Anda untuk bisa terjun ke dalam dunia kewirausahaan. Ada cara lain untuk menjadi seorang pengusaha.

Anda bisa memulai bisnis Anda sebagai bisnis sampingan. Dengan begitu Anda dapat menjalankan bisnis Anda tanpa harus berhenti dari pekerjaan Anda. Setelah bisnis Anda dirasa layak secara finansial, baru kemudian Anda dapat memutuskan untuk berhenti bekerja dan mengabdikan diri sepenuhnya mengurus bisnis Anda.

Kebohongan 5: Yang Anda Perlukan Hanyalah Sebuah Impian
Jika semua yang Anda butuhkan adalah sebuah mimpi untuk memulai bisnis, maka semua orang pasti akan melakukannya. Kehadiran mimpi memang tidak bisa dielakkan untuk menentukan arah tujuan kita. Namun yang terpenting adalah bahwa Anda melakukan sesuatu yang Anda nikmati. Keberhasilan Anda akan tergantung pada rencana bisnis Anda dan kemampuan untuk mengidentifikasi target pelanggans.

Kebohongan 6: Pemasaran Itu Mahal
Begitu banyak pengusaha membuat kesalahan dengan tidak memasarkan bisnis mereka karena mereka memiliki anggapan bahwa pemasaran itu terlalu rumit dan mahal. Pada kenyataannya, ada banyak cara pemasaran yang dapat Anda lakukan sendiri, seperti blogging, menggunakan media sosial, atau melalui email.

Banyak pelaku bisnis kecil yang sukses menggunakan cara ini. Tidak hanya murah, bahkan banyak diantaranya justru bisa dimanfaatkan secara gratis.

Kebohongan 7: Ada Tidak Ada Lagi Yang Perlu Dipelajari
Apa Anda setuju dengan hal itu? Setelah Anda memulai bisnis Anda, Anda mungkin sudah membaca semua buku, blog, atau dari sumber-sumber lain mengenai bagaimana tata cara untuk memulai bisnis sebelumnya. Apa semua itu sudah cukup? Salah. Anda perlu untuk terus belajar, karena dunia bisnis adalah dunia yang selalu berubah secara dinamis. Selalu ada informasi baru yang perlu segera Anda ketahui, terutama karena perubahan teknologi yang berkenaan dengan bisnis Anda. Selalu berusaha untuk tetap update dalam berbisnis sama artinya dengan menjaga bisnis Anda senantiasa kompetitif.

Ada banyak trik di luar sana mengenai tata cara untuk memulai bisnis. Satu hal yang terpenting, Anda harus mencari tahu sendiri apapun yag berkaitan dengan bisnis yang ingin Anda bangun. Perjalanan setiap orang berbeda. Anda harus menentukan sendiri jalan Anda.

Semoga bermanfaat. Amin...
LihatTutupKomentar