3 Resiko Utama Menggunakan Media Sosial Pada Bisnis Anda

social media, bisnis media sosial

BISNIS ONLINE - Media Sosial. Apa Anda menggunakan media sosial sebagai platform bisnis Anda, atau setidaknya salah satu tool bisnis yang Anda pakai? Media sosial memang sangat membantu dan tidak sedikit pelaku usaha yang menggunakannya. Namun fakta dilapangan juga menunjukkan betapa sedikit perusahaan benar-benar tahu risiko yang sedang dihadapi dengan menggunakan media sosial sebagai tool bisnis.

Berikut ini  hal utama yang menyebabkan media sosial justru menjadi hal yang sangat membahayakan bagi bisnis yang Anda jalankan:


1. Resiko penyalahgunaan privasi oleh karyawan

Seorang pegawai yang tidak puas dan memiliki akses login tentu sangat mebahayakan bisnis Anda. Kadang-kadang seorang karyawan sengaja atau tidak sengaja dapat membocorkan rahasia perusahaan. Atau mungkin karyawan tersebut melihat peluang lebih besar dari perusahaan kompetitor Anda dan membocorkan rahasia perusahaan Anda.

Dalam beberapa kasus, karyawan tidak tahu apa yang mereka share dan apa yang harus mereka rahasiakan. Kebijakan etiket sosial-media (yang ditandatangani oleh masing-masing karyawan dan ditempatkan pada file) dapat membantu sangat dengan menginformasikan karyawan apa yang dapat diterima dan apa yang tidak.

2. Merusak reputasi

Tulisan yang diposting dapat membangun kredibilitas Anda ... atau justru merusak reputasi eksistensi online perusahaan Anda. Keduanya benar-benar berisiko. Apa yang diposting pada akun media sosial sebuah perusahaan itu mewakili statement global perusahaan. Salah dalam menulis tema posting tentu akan sangat berpengaruh negatif terhadap opini masyarakat atas perusahaan. Namun tidak hanya itu. Posting-posting yang di-share oleh akun-akun pribadi karyawan juga sangat mempengaruhi.
3. Pencurian data

Perlu Anda sadari, bahwa media sosial merupakan akses paling mudah bagi para hacker. Jika media sosial perusahaan bisa dengan mudah dimasuki oleh para hacker, maka akan sangat berbahaya bukan? Apalagi sekarang ini umumnya satu akun juga terhubung dengan akun lainnya.

Dalam hal ini, sangat dianjurkan bagi Anda untuk mengganti password Anda secara berkala, dan buatlah password yang mudah Anda ingat, namun tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Semoga bermanfaat. Amin.sumber :pelakuukm.blogspot.com
LihatTutupKomentar