Cara Mudah Sukses Berjualan Online

Bisnis online, tips dan trik, marketing online, bisnis internet

BISNIS ONLINE - Jual-Beli Online. Berbeda dengan kondisi beberapa tahun silam, pengguna internet sekarang ini sudah sangat berbeda. Jika Anda adalah seorang pelaku usaha, baik pemula ataupun yang sudah cukup mapan, dunia e-commerce merupakan salah satu sektor ekonomi yang tidak boleh Anda lewatkan.

Di masa dimana kondisi persaingan bukan lagi "yang besar mengalahkan yang kecil" dan bergeser menjadi "yang cepat mengalahkan yang lambat", maka sangat krusial bagi Anda untuk mulai (harus) mempertimbangkan untuk terjun ke dunia e-commerce.


Angka transaksi jual-beli secara online di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet aktif dan juga tingkat keamanan yang ditawarkan leh penyedia layanan transaksi online yang semakin baik. Orang-orang sekarang ini sudah mulai menikmati berbagai layanan online yang sangat memanjakan mereka.

Ada beberapa trik bisnis online yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda:
  1. Dengan membangun situs perusahaan Anda sendiri.
  2. Memanfaatkan portal jual-beli online.
  3. Aktif di media sosial.
Membangun situs perusahaan sendiri

Cara ini memungkinkan anda untuk bisa secara bebas melakukan strategi marketing Anda. Mulai dari desain tampilan, konten website, hingga pilihan bentuk transaksi yang Anda tawarkan bagi calon pelanggan Anda.

Kelemahan dari cara ini adalah tentu saja biaya yang dibutuhkan cukup lumayan bagi pemula, belum lagi masalah penentuan desain yang cukup memakan waktu, dan lagi Anda juga harus berjuang sendiri dalam membangun image perusahaan dan meraih kepercayaan calon pelanggan Anda.

Memanfaatkan portal jual-beli

Ini yang sekarang tengah banyak dilirik oleh para pengusaha, baik yang sudah mapan maupun yang baru merintis. Anda hanya perlu mendaftar, meng-upload foto serta informasi produk Anda, lalu Anda akan mulai menerima order. Berbagai kemudahan lainnya yang ditawarkan adalah adanya jaminan keamanan bagi pelanggan serta kemudahan dalam memilih metode pengiriman yang ditawarkan pada calon pelanggan.

Satu yang harus Anda ingat jika Anda memilih cara ini. Anda bukan satu-satunya pelaku usaha yang berjualan di situs tersebut. Ada puluhan, bahkan ratusan pengusaha lain yang memiliki layanan serta produk yang sama dengan yang Anda tawarkan dengan berbagai pilihan harga. Memanfaatkan layanan portal jual-beli adalah seperti berjualan di sebuah pasar. Ada persaingan yang ketat disana, dan Anda harus bisa kreatif dalam menjaring pelanggan.
Dalam menarik pelanggan, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:
  1. Foto produk yang menarik. Foto adalah satu-satunya media yang bisa Anda gunakan untuk memberi gambaran pada calon pelanggan mengenai produk Anda. Buatlah semenarik mungkin. Meng-upload foto produk dengan beberapa pilihan angle (sudut pandang) akan sangat membantu dalam menarik perhatian calon pelanggan.
  2. Deskripsi produk. Foto hanya untuk kesan pertama. Sempurnakan kesan pertama yang Anda berikan dengan menambahkan deskripsi lengkap mengenai produk Anda. Memberikan penjabaran lengkap mengenai produk yang Anda tawarkan akan membantu dalam penjualan produk. Pelanggan selalu mencari produk yang memenuhi kebutuhan mereka. Jika informasi produk kurang lengkap atau bahkan mungkin tidak ada sama sekali, besar kemungkinan Anda akan terlewatkan.
  3. Selalu minta umpan balik dari pelanggan. Bagan komentar pada bagian bawah setiap produk yang berisi komentar serta umpan balik positif biasanya sangat mempengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli suatu produk tertentu. Jika kebanyakan komentar yang Anda terima adalah positif, besar kemungkinan orang lain akan lebih tertarik untuk bertransaksi dengan Anda.
Selalu beri pelayanan terbaik Anda. Pelayanan yang baik akan lebih mudah menarik pelanggan, sehingga akan meningkatkan angka penjualan Anda, dan semakin tinggi angka penjualan akan menaikkan posisi Anda pada halaman pencarian produk setiap ada calon pelanggan yang mencari suatu produk.

Media sosial

Tidak bisa dipungkiri, masyarakat pengguna internet pada umumnya, khususnya di Indonesia adalah mereka yang juga aktif sebagai pengguna berbagai akun media sosial. share produk Anda di akun media sosial.

Semoga bermanfaat. Amin...
 sumber :pelakuukm.blogspot.com

LihatTutupKomentar