Menghadapi Kompetisi Bisnis - Kenali Pesaing Anda (Tamat)

menghadapi kompetisi bisnis, persaingan usaha, tips bisnis, tips usaha

SERBA SERBI - Persaingan Bisnis. Jika Anda telah mengenali siapa-siapa empat jenis pesaing bisnis Anda (baca artikel sebelumnya), kini tiba waktunya bagi Anda untuk bisa mengembangkan strategi-strategi untuk menghadapinya.

Tidak peduli apapun jenis bisnis yang Anda jalani keberhasilan Anda akan selalu berhubungan dengan kegagalan orang lain. Dan Anda tidak bisa hanya duduk-duduk santai dan hanya menunggu mereka membuat kesalahan. Anda harus terus menekan mereka sampai akhirnya Anda melihat sebuah kesempatan di mana Anda bisa menyalip mereka.


Jika Anda ingin mendapatkan modal dari investor, terlebih dahulu Anda perlu memahami dan secara jelas melakukan presentasi mengenai berbagai kelebihan Anda dibandingkan dengan pesaing Anda. Keunggulan kompetitif Anda juga harus bisa menjadi bagian dari "elevator pitch" Anda dan juga semua alat pemasaran Anda. Sederhananya, Anda harus mampu menjelaskan kepada orang-orang apa yang membuat bisnis Anda lebih baik, berbeda dan lebih mungkin untuk bertahan hidup dalam jangka panjang daripada bisnis lain.

Kebanyakan pelaku bisnis pikir bisnis mereka lebih baik atau berbeda dari bisnis lainnya, tetapi Anda pasti akan terkejut, karena kenyataan sebenarnya mungkin sangat berbeda dari apa yang Anda pikirkan.

Berikut adalah beberapa contohnya:

Sebuah Produk atau Jasa yang lebih baik. Topik ini yang paling sering dibahas oleh para pelaku bisnis berkenaan dengan "keunggulan kompetitif." Produk atau jasa mereka jelas lebih unggul daripada orang lain. Ini mungkin benar, tetapi jika Anda memiliki hak paten atau ada "regulasi legal lainnya" (seperti peraturan pemerintah atau persyaratan lisensi misalnya) untuk mencegah orang-orang lain yang juga ingin masuk ke bisnis Anda, keberhasilan Anda akan segera menelurkan para "peniru" yang akan ikut mendulang keuntungan dari bisnis Anda. Untuk tetap berada di depan para "peniru," Anda harus terus-menerus melakukan perbaikan dan perubahan pada produk atau jasa Anda. Cepat atau lambat, Anda akan bosan, jatuh dan mereka akan mengejar dan mengambil alih bisnis Anda.

Harga yang Anda tawarkan. Orang tidak mau membayar "per jam" atau "harian" lagi. Mereka lebih memilih untuk membayar biaya yang wajar untuk layanan yang mereka terima, tetapi umumnya mereka selalu ingin tahu lebih dulu biaya yang diperlukan. Mereka ingin pembayaran yang efektif dan efisien - satu cek untuk semuanya. Anda bisa menerapkan ini pada bisnis Anda, dengan membuat beberapa layanan atau produk menjadi paket-paket tertentu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, sekaligus menaklukkan kompetitor Anda.

Bagaimana Anda Mengirimkan Barang. Orang-orang kebanyakan pada dasarnya malas. Mereka tidak ingin bersusah payah untuk mendapatkan produk dan jasa Anda. Mereka ingin kenyamanan. Dan tugas Anda adalah memberikannya kepada mereka, maka Anda akan mengalahkan pesaing Anda. Jika Anda adalah sebuah depo beras, coba tawarkan layanan antar ke setiap rumah pelanggan Anda.

Berlakukan kebijakan "Tidak Ada Pembelian Minimum." Kirim semua pemesanan ke alamat pelanggan Anda, dengan sedikit tambahan biaya tentunya.

Lokasi Anda. Pilih lokasi bisnis Anda sedekat mungkin dengan pelanggan Anda. Orang tidak akan melakukan perjalanan lebih dari 5 Km untuk membeli pizza. Jika lingkungan perumahan terletak di ujung utara kota, jangan menyewa ruang bisnis Anda di ujung selatan kota.

Jika Anda membuka bisnis makanan, sewa ruang di mal di mana ada kios-kios makanan lainnya. Orang-orang sangat menyukai konsep "one stop shopping," terutama jika meeka tidak perlu berpindah-pindah tempat yang jauh untuk mendapatkan apa yang mereka cari.

Siapa diri Anda. Apakah Anda berbicara bahasa Sunda, Jawa, Padang, Batak atau bahasa Inggris mungkin? Orang-orang di sekitar Anda mungkin berasal dari berbagai etnis yang mungkin tidak dilayani secara memadai oleh pebisnis lain karena hambatan bahasa. Biarkan mereka tahu Anda "berbicara bahasa mereka" dan Anda dapat menemukan ribuan pelanggan setia yang tidak bisa dicapai oleh pesaing Anda.

Kepribadian Anda. Kepribadian Anda mungkin merupakan keunggulan kompetitif terkuat, terutama dalam bisnis layanan pribadi. Orang-orang umumnya sering takut jika harus berurusan dengan pengacara, akuntan, arsitek, tukang pipa dan profesional lainnya karena:
  • Mereka takut mereka akan ditagih berlebihan;
  • Mereka takut para profesional akan memandang mereka rendah karena merekalah membutuhkan jasa para profesional ini; dan / atau
  • Mereka takut para profesional akan menjual jasa diluar kebutuhan mereka.
Jika Anda memiliki kemampuan untuk menjangkau pelanggan Anda, mengundang mereka ke dalam dunia Anda, membuat mereka nyaman (atau bahkan tertawa), dan menunjukkan kepada mereka bahwa tidak ada jarak antara Anda dengan pelanggan Anda, mereka jauh lebih mungkin untuk membeli layanan Anda ketimbang dari pesaing Anda.

Semoga bermanfaat. Amin...
LihatTutupKomentar